Berjalan untuk Menurunkan Berat Badan, Ini Banyak Langkah yang Diperlukan

Baik Anda melacak langkah Anda dengan pelacak kebugaran yang dapat dikenakan atau melalui ponsel Anda, mengetahui seberapa banyak Anda telah berjalan dalam sehari dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Banyak dari kita duduk untuk sebagian besar hari, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada tubuh dan otak kita. Namun, berjalan dan melacak langkah Anda setiap hari dapat mengurangi risiko kesehatan — seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan persendian yang kaku. Berjalan secara konsisten bahkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan terhadap gaya hidup sedentari dan tidak aktif dan merekomendasikan 150 menit seminggu aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit seminggu aktivitas intensitas tinggi. Dengan kata lain, Anda idealnya harus aktif selama 30 menit sehari, lima hari seminggu. Untuk manfaat kesehatan tambahan, CDC merekomendasikan menggandakan tujuan itu dan menyesuaikan hingga 300 menit seminggu dengan intensitas sedang atau 150 menit aktivitas fisik intensitas tinggi.

Laura Arndt, pelatih pribadi bersertifikat NSCA dan CEO Matriarc, aplikasi kesehatan dan kebugaran untuk ibu, mengatakan bahwa jalan cepat 30 menit dapat membuat sebagian besar kliennya antara 3 dan 5 ribu langkah, tergantung pada kecepatan dan gaya berjalan mereka. Namun, kita tidak boleh duduk sepanjang hari, jadi tujuannya adalah untuk mencapai 5 ribu langkah lagi melalui aktivitas sehari-hari. Anda dapat berjalan-jalan singkat di treadmill dalam ruangan atau berjalan-jalan sore di sekitar blok untuk menambahkan lebih banyak langkah sepanjang hari Anda.

Arndt merekomendasikan agar kliennya menargetkan 10 ribu langkah total sehari tetapi mencatat bahwa itu bukan tujuan yang realistis untuk semua orang. “Hal terbaik yang harus dilakukan adalah meminta seseorang memakai pelacak kebugaran selama seminggu, melihat jumlah rata-rata langkah mereka selama seminggu, dan meminta mereka untuk meningkatkan jumlah langkah mereka sebesar 10 persen,” kata Arndt. “Ini memberi mereka tujuan yang realistis, tetapi juga memaksa mereka untuk meningkatkan aktivitas harian mereka.”

Jika Anda secara khusus ingin menurunkan berat badan, intensitas aktivitas fisik Anda juga memainkan peran penting. “Seberapa cepat Anda berjalan memainkan peran besar dalam berapa banyak kalori yang sebenarnya Anda bakar saat berjalan. Berjalan 10 ribu langkah yang sangat lambat mungkin tidak cukup untuk benar-benar menghasilkan penurunan berat badan,” kata Gregg Kai Nishi, ahli bedah bariatrik kepada POPSUGAR. “Sebaliknya, berjalan sangat cepat, bahkan jika kurang dari 10 ribu, mungkin jauh lebih bermanfaat dalam hal penurunan berat badan.”

Tetapi bahkan berjalan cepat 10 ribu langkah per hari mungkin tidak cukup untuk membakar berat badan dengan sendirinya. “Selain melihat jumlah langkah Anda, latihan kekuatan memiliki manfaat ilmiah untuk meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan karenanya membantu menurunkan berat badan,” kata Arndt. “Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar selama istirahat dan selama aktivitas.” Dia mendorong kliennya untuk memulai atau melanjutkan rutinitas latihan kekuatan minimal dua hari seminggu — termasuk angkat beban atau aktivitas bebas seperti yoga atau kelas bootcamp.

Rata-rata, seseorang dapat membakar 100 kalori dengan berjalan satu 1,6 kilometer. Karena berjalan 10 ribu langkah mirip dengan berjalan sejauh 8 kilometer, itu berarti seseorang dapat membakar sekitar 500 kalori dari menyelesaikan 10.000 langkah penuh sehari. Meningkatkan aktivitas Anda saja tidak akan menghasilkan penurunan berat badan jika Anda tidak juga membuat defisit kalori. Jadi, penting untuk melihat kebiasaan makan Anda sepanjang hari. Pastikan untuk makan makanan harian padat nutrisi yang terdiri dari berbagai buah dan sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak sehat. Meskipun berjalan 6 hingga 10 ribu langkah atau lebih sehari dapat meningkatkan beberapa manfaat kesehatan, melacak apa yang Anda makan dan berapa banyak kalori yang Anda konsumsi akan sangat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.