Hagglund Milik PMI Tembus Daerah Bencana Erupsi Semeru, ini Spesifikasinya

Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan bagi wilayah-wilayah yang terdampak erupsi Semeru, Jawa Timur. Bantuan yang dikirimkan oleh PMI meliputi relawan, paket kebersihan, masker, tenda, dana, hingga kendaraan taktikal Hagglund.

Kendaraan Hagglund dikirimkan untuk membantu proses evakuasi dan menerobos wilayah-wilayah di sekitar Semeru yang tertutup abu serta guguran awan panas.

Sebelumnya, dalam beberapa situasi bencana, seperti pada letusan Gunung Merapi dan gunung Kelud, Hagglund milik PMI juga dikerahkan. Lalu, bagimana spesifikasi dari kendaraan taktikal ini?

Hagglund adalah kendaraan taktikal berjenis Small Unit Support Vehicle (SUSV). Kendaraan buatan Swedia ini dan biasa digunakan sebagai kendaraan militer atau untuk mengeksplorasi daerah yang memiliki medan ekstrem.

Hagglund yang digunakan PMI termasuk di daerah bencana erupsi Semeru adalah Hagglund tipe BV206 dan diterjunkan pertama kali dalam operasi Search and Rescue pascaerupsi Merapi 2010. BV206 memiliki berat 4,5 ton dan memiliki mesin bensin V6 2,8 liter 99kW Ford Cologne serta bertenaga 275 dk. Kendaraan ini menggunakan transmisi otomatis tipe MB W 4A-018 dan bisa melaju hingga 65 km/jam di darat serta 5 km/jam jika berjalan di atas air. Diperkirakan harga dari Hagglund BV206 sekitar Rp 2 hingga 3 miliar.

EIBEN HEIZIER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *