Kata Erick Thohir Soal Startup Indonesia Didanai Asing

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menanggapi soal startup atau usaha rintisan karya anak bangsa mendapat investasi atau didanai oleh asing.

“Kita jangan menyalahkan kalau startup-startup Indonesia didanai oleh asing, kita marah. Ini karena kita belum peduli pada saat itu,” kata Erick saat menyampaikan orasi ilmiah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya seperti dipantau secara daring dari Jakarta, Sabtu, 12 Desember 2021.

Erick mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan Merah Putih Fund pada 17 Desember 2021 dalam rangka mendanai atau membantu pendanaan startup lokal.

“Karena itu nanti pada 17 Desember 2021 InsyaAllah Bapak Presiden Joko Widodo akan meluncurkan yang namanya Merah Putih Fund,” ujar dia.

Erick Thohir menambahkan Merah Putih Fund akan diluncurkan dengan tiga benang merah yakni pendirinya orang Indonesia, beroperasional di Indonesia, dan terakhir go public-nya di Indonesia.

Sebelumnya Menteri Erick Thohir ingin perusahaan pelat merah melakukan intervensi ke sektor digital untuk merangkul startup agar nasionalis.

Pernyataan itu dia sampaikan menanggapi banyak perusahaan startup Indonesia yang pindah ke Singapura dan meraih pendanaan dari pihak asing.

Erick Thohir menyampaikan pemerintah akan meluncurkan Program Merah Putih Fund yang didukung oleh Telkom dan Telkomsel untuk mendanai perusahaan startup Indonesia. Program itu akan diluncurkan langsung oleh Presiden Jokowi pada pertengahan Desember 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.