Pertimbangan Saat Ingin Kredit Mobil

Tak dapat dipungkiri, memiliki mobil memang menjadi impian banyak orang. Namun harga mobil diketahui cukup besar dan untuk mengumpulkan uang hingga sebanyak itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itulah, kredit mobil menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Seperti contohnya ketika Anda tertarik untuk membeli Toyota Fortuner yang terkenal memiliki harga cukup besar tersebut. Harga Fortuner memang sangat tinggi, maka pastinya untuk menunggu hingga akhirnya uang terkumpul membeli mobil ini cukuplah lama. Agar bisa segera memiliki mobil tersebut, maka jalan yang bisa dilakukan yaitu dengan kredit Fortuner.

Namun hal yang perlu diperhatikan di sini ketika Anda hendak melakukan kredit mobil banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan sebelumnya. Hal itu dilakukan sebagai langkah agar Anda tidak gegabah dan salah mengambil keputusan. Untuk mengetahui apa saja pertimbangan yang harus dilakukan saat ingin kredit mobil, maka Anda perlu baca ulasan di bawah ini.

Apa Saja Pertimbangan Saat Ingin Kredit Mobil?

 

Cari Mobil Sesuai Kebutuhan

Sebelum Anda membeli mobil secara kredit, pastinya Anda harus menentukan mobil yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Saat ini telah banyak sekali jenis mobil, baik itu dilihat dari ukuran, merek,warna dan fungsinya. Karena itu, penting untuk menentukan jenis mobil yang hendak Anda beli nantinya.

Jika untuk kebutuhan mengangkut barang, maka sebaiknya Anda memilih mobil pengangkut namun jika untuk keperluan sehari-hari seperti mengantarkan keluarga, maka Anda bisa memilih mobil keluarga.

Perhatikan Harga Beli dan Jual

Perlu diketahui terdapat beberapa mobil yang ketika dijual memiliki harga yang langsung turun sebesar 10% hingga 15%. Jika Anda tidak mau merugi dikemudian hari, maka penting untuk memperhatikan harga jual dan harga beli dari mobil tersebut. Yang mana pastinya suatu ketika Anda akan terpikir menjual mobil untuk diganti dengan mobil yang lebih baru atau untuk keperluan lain.

Bandingkan Dealer dan Perusahaan Leasing

Ketika di sini Anda sudah menemukan mobil pilihan untuk dibeli secara kredit, semisal Toyota Fortuner, maka langkah berikutnya yaitu Anda perlu menuju ke beberapa leasing dan dealer untuk membandingkan harga dan juga program kredit yang mereka berikan.

Sekalipun di sini merek mobil sama, namun terkadang terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut dalam bentuk promosi ataupun suku bunga yang ditawarkan oleh dealer. Maka dari itulah, Anda jangan terburu-buru menjatuhkan pilihan tanpa harus ada pertimbangan serta perbandingan lebih dahulu.

Lihat Harga Total yang Perlu Dibayar

Selain dengan Anda melihat berapa harga mobil tersebut penting juga untuk memperhatikan besar bunga yang perlu untuk Anda bayar nantinya. Umumnya bank akan memberikan bunga 20% dari harga jual dengan melihat jumlah cincilan yang perlu dibayar tiap bulan. Anda bisa melakukan perhitungan berapa pengeluaran total yang harus dibayarkan. Jangan tertipu dengan cicilan yang kecil, karena hal itu hanya akan membuat pelunasan makin lama dilakukan.

Menentukan Masa Cicilan

Makin lama Anda mencicil mobil tersebut maka tentunya biaya yang perlu untuk Anda bayarkan juga akan makin rendah. Jika dilihat sekilas memang terkesan akan membuat keuangan Anda sedikit diringankan tiap bulannya. Namun Anda perlu memikirkan jangka panjang yang harus dilalui hanya untuk membayar cicilan tersebut.

Karena tentunya beberapa tahun ke depan kebutuhan hidup Anda akan meningkat dengan hadirnya seorang anak. Maka dari itulah, penting untuk Anda menentukan dengan matang-matang mengenai masalah cicilan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.