Top 3 Tekno Berita Kemarin: Gempa dan Tsunami dari Laut Flores, Status WhatsApp

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Selasa 14 Desember 2021, didominasi artikel tentang gempa di Laut Flores. Berpusat di lokasi yang belum terpetakan selama ini, kekuatan gempa hingga Magnitudo 7,4 itu sempat memicu peringatan dini tsunami di wilayah sekitarnya.

Gempa tak hanya mengguncang Larantuka atau daerah lain di Nusa Tenggara Timur, tapi juga beberapa daerah di Sulawesi Selatan. “Potensi tsunami, tolong diteruskan ke masyarakat,” kata Prakirawan BMKG IV Makassar, Nur Asia Utami, Selasa 14 Desember 2021.

Satu berita terpopuler soal pembaruan setelan privasi di WhatsApp. Para pengguna tak akan bisa lagi melihat status online orang lain yang tidak ada ada dalam kontak dan belum pernah melakukan chat. Ada alasan spesifik kenapa WhatsApp melakukan ini.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Selasa 14 Desember 2021, selengkapnya,

1. Gempa Potensi Tsunami, BMKG Makassar Peringatkan Warga Selayar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) IV Makassar telah memberikan peringatan dini terjadinya tsunami untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa 14 Desember 2021. Potensi tsunami pascagempa berkekuatan Magnitudo 7,4 yang terjadi di Laut Flores.

“Potensi tsunami, tolong diteruskan ke masyarakat,” kata Prakirawan BMKG IV Makassar, Nur Asia Utami, Selasa 14 Desember 2021.

Ia menyebutkan daerah yang berpotensi terjadi tsunami yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun gempa terjadi tepatnya Pukul 10.20 WIB dari kedalaman 12 kilometer–info di akun media sosial menyebut kedalaman berubah dari 12 menjadi 10 kilometer.

2. Gempa di Laut Flores, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk peristiwa gempa yang berpusat di laut, 113 kilometer arah barat laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 terjadi pada pukul 10.20.23 WIB, Selasa 14 Desember 2021.

Dalam keterangannya, BMKG menyebut gempa berasal dari Laut Flores di kedalaman 10 kilometer atau tergolong dangkal. “Potensi tsunami untuk diteruskan kepada masyarakat,” kata BMKG. Peringatan dini ditujukan untuk wilayah-wilayah NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

3. WhatsApp Telah Batasi Penampakan Status Online Pengguna, Simak Alasannya

WhatsApp telah menggulirkan setelan privasi baru yang menyembunyikan status ‘last seen’ pengguna dari orang lain yang tidak dikenal atau belum pernah ada chat-nya dalam aplikasi itu. Sebelumnya, WhatsApp membuat fitur itu aktif secara default untuk ‘Everyone’, memungkinkan setiap orang yang ada di WhatsApp untuk bisa melihat status pengguna yang lain.

Pembaruan WhatsApp ini membatasi penampakan status tersebut hanya kepada orang-orang yang memang telah ditambahkan oleh penggunanya untuk bisa melihat dan mengubah mengatur fitur secara default kepada ‘My Contacts’.

Setting baru tersebut di antaranya terungkap dalam sebuah unggahan di Twitter pada Selasa sepekan lalu, 7 Desember 2021. Seorang pengguna menerangkan pembaruan tersebut kepada pengguna lain yang mempertanyakan kalau dia tak lagi bisa melihat status ‘last seen’ orang lain meski aplikasinya tampak normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.